You are currently viewing Peran Sains Data Dalam Perkembangan E-Commerce

Peran Sains Data Dalam Perkembangan E-Commerce

  • Post author:
  • Post category:Kuliah
  • Post comments:0 Comments

Hai Sobat Data!

Pernah kepikiran ga si, kok bisa yaa tiap kita menggunakan jasa e-commerce seperti Shope, Toko Pedia dan Bukalapak maka kita bakal disuguhkan berbagai rekomendasi dari berbagai macam barang, kok rasanya pihak E-commerce bisa tahu betul kebutuhan serta preference kita?

Ternyata ini rahasianya, platform-platform E-commerce ini menggunakan Sains Data dalam analisis pelanggannya lho. Hal ini dilakukan untuk menaikkan daya beli para pelanggan dengan cara menampilkan produk-produk yang mungkin akan mereka suka sehingga penjualan dapat ditingkatkan, untuk melakukan ini tentu saja dibutuhkan algoritma- algoritma yang baik, beberapa contohnya adalah algoritma Content Based Filtering atau pemfilteran berbasis konten di mana sistem ini memberikan rekomendasi untuk menebak apa yang disukai pengguna berdasarkan aktivitas pengguna tersebut. selain itu terdapat pula algoritma collaborative filtering yang bekerja dengan cara mencari kemiripan antar penggunanya.

Nah jika tadi kita sudah membahas mengenai algoritma-algoritma yang digunakan, maka kali ini kita akan mencari tahu motif-motif utama yang biasanya digunakan dalam sistem rekomendasi itu sendiri, diantaranya adalah :
1. Cross Sell yaitu teknik penjualan dengan mendorong konsumen membeli produk tambahan yang masih relevan denga napa yang telah dibeli sebelumnya. Contohnya Ketika kamu membeli laptop maka kamu juga akan diberikan rekomendasi tas laptop.
2. Upselling merupakan teknik marketing yang membujuk para pelanggan untuk membeli benda serupa namun dengan kualitas yang lebih baik, sebagai contoh jika kamu mencari sebuah tas maka sistem rekomendasi akan menampilkan berbagai tas lain yang lebih baik dari tas pilihanmu sebelumnya.

Selain dari sistem rekomendasi, sains data juga dapat digunakan dalam analisis garansi produk, hal ini dapat memberikan info kepada pihak E-commerce mengenai masa pakai produk,masalah serta pengembalian produk, dengan info ini pihak E-commerce dan penjual dapat melakukan pengawasan terhadap produk-produk mereka.

Ga sampai disini aja, ilmu sains data juga banyak diterapkan pada penetuan harga dari berbagai produk lho, agar pihak penjual dapat menentukan harga yang tepat yaitu tidak terlalu mahal ataupun murah maka mereka membutuhkan informasi mengenai hal-hal yang mempengaruhi harga dari produk tersebut, sebagai contoh harga yang diberikan oleh pesaing, kemampuan konsumen dalam membayar produk dan lain sebagainya.

Nah daritadi kita sudah membahas mengenai cara sains data meningkatkan penjualan pada platform E-commerce dengan menggunakan sistem rekomendasi, analisis garansi serta analisis harga, eitss tapi bukan itu aja lho kegunaan dari ilmu sains data, sains data juga dapat digunakan untuk mencegah Perusahaan E-commerce dalam mengalami kerugian, gimana caranya? Yuk kita Simak !

E-commerce juga menghadapi masalah dalam terhadap kejahatan digital, ada banyak pihak yang dapat melakukan penipuan pada transaksi yang terjadi di E-commerce, karena itu diperlukan sistem yang dapat mendeteksi adanya kegiatan-kegiatan tidak wajar yang dilakukan para pengguna. Dalam hal ini, sains data berguna karena dapat mengumpulkan informasi-informasi dari para pengguna serta melakukan pengamatan dan analisis pada kegiatan yang dilakukan, dengan adanya analisis ini maka pihak platform E-commerce akan menerima pemberitahuan mengenai kecurigaan penipuan dan dapat mencegah aktivitas ini. CNN Indonesia menyebutkan bahwa hingga September 2021, terdapat 115.756 kasus penipuan yang dilakukan baik melalui E-commerce ataupun media sosial, hal ini tentunya merugikan pihak pembeli maupun reputasi dari E-Commerce itu sendiri. Dengan sains data maka hal-hal seperti ini dapat ditekan jumlahnya.

Selain menghindarkan platform E-commerce dari kemungkinan-kemungkinan penipuan yang dapat terjadi, ilmu sains data juga dapat digunakan dalam manajemen inventaris, manajemen inventaris yang lebih baik akan dapat menampilkan perkiraan dari produk-produk yang akan memiliki angka penjualan tinggi dan juga rendah, hal ini membantu Perusahaan dalam mengambil keputusan, produk mana yang dapat dijadikan investasi dalam jangka waktu pendek dan Panjang. Dengan adanya sistem ini maka pihak E-commerce akan dapat menghindari kerugian dari investasi tak berbuah sehingga dapat mencapai keuntungan yang terbaik.

Dari tulisan diatas dapat kita simpulkan bahwa sains data berperan penting dalam keberlangsungan E-commerce, contohnya seperti penerapan ilmu sains data dalams sistem rekomendasi, penentuan harga, penetuan garansi serta pencegahan penipuan dan analisis investasi.

Lalu apakah E-commerce tetap dapat berjalan tanpa sains data? Tentu bisa, namun pengalaman pengguna tidak akan sebaik saat adanya penerapan sains data, selain itu pihak E-commerce akan kesulitan dalam meningkatkan penjualan dan menghindari kerugian.

Leave a Reply